Satria FU 150 untuk drag liar
Berikut ini bocoran seting balap liar buat pemilik suzuki satria fu150 dari.
Banyak yang bilang di dunia persilatan balap liar yang keras,
kapasitas mesin mesti jadi semrawut alias gila-gilaan. Layaknya
persaingan lainnya, balap liar terkesan cuma mengenal satu pakem “sing penting menang!”
Nah,
buat yang mau mencoba sensasi balap liar tapi apa daya motor juga
dibuat harian ato kepasar, hehehe… jangan kuatir, silahkan simak tips
modifikasi mesin ini…
Mesin
Suzuki Satria yang berkapasitas 150cc hasil dari perkawinan piston
diameter 62mm dan stroke 48,8mm dengan perbandingan kompresi 10,4 ini
harus kita rombak spesifikasi-nya jika anda memang berniat menjadi raja
jalanan. Yang pertama mesti dilakukan adalah… Siapin duit dulu! Kan
kalo gk ada duit mana bisa modif.
Ok
lah, saya anggap duit sudah ditangan. Selanjutnya kita akan merubah
spek mesin menjadi stroke 61,8mm hasil dari stroke standar yang
dinaikkan langkahnya 6,5mm dan piston 65mm merek hispeed yang sudah ada
coakan klep buat 4klep.
Kalo dihitung kapasitas mesin nya menjadi :
V = 0,785 x 65 x 65 x 61,8 = 204,9cc
Nah, kapasitas segini sudah bisa buat turun drag resmi di kelas bebek 4tak sampai dengan 200cc Mantaff…!!!
Oya,
jangan lupa stroke yang naik 6,5mm ini membutuhkan paking blok bawah
aluminium setebal 4,5mm. Kemudian piston di buat dome dengan ketinggian
1mm saja lalu pangkas head sebanyak 0,5mm.
Ngomongin
head pasti ngomongin klep juga… Langsung aja hajar klep standar
(23-19) dengan klep ukuran 25 intake dan 21 exhaust. Kalo ada kesulitan
di bagian ini bisa langsung kontak saya untuk bantuan dan pemesanan.
Kemudian
jangan lupa juga noken as di modif sehingga memiliki lift 7,8mm dengan
durasi 280 intake dan 276 exhaust. Langkah berikutnya, masih seputaran
head, jangan lupa porting in dan ex menjadi lingkaran, kan standar nya
oval… Porting dengan diameter saluran intake 28mm dan exhaust 27mm.
Untuk
pegas klep pakai standar saja karena masih cukup kuat koq. Masalah
penyaluran tenaga alias kopling dan per kopling, bisa diganti dengan
produk racing.. Pasti oke..
Pastikan
juga magnet terkena bubut melingkar 1,5mm biar enteng dan menunjang
akselerasi nantinya. Berikut masalah karburator. Disini cukup pake
karbu NSR SP berdiameter 28mm, jangan besar2 karbu nya, ntar susah cari
lawan.
Setting
pilot jet 42 dan mainjet 125. Putaran angin 1,5putaran. Lalu untuk
urusan pengapian, serahkan saja pada cdi rextor – boleh yang adjustable
atau yang programable – setting dari 15 derajad sampe 38 derajad di rpm
9000. Limiter dipatok di rpm 14000 saja sedangkan untuk gigi rasio
alias transmisi pake standar saja gak masalah.
Terakhir… dan ini yang paling penting di modif balap liar ini… Kalo sudah selesai menjalankan langkah-langkah modifikasi suzuki satria fu150 diatas, maka sekarang adalah waktunya cari duit dan Tetaplah sehat biar bisa kebut-kebutan tiap hari.
0 komentar:
Posting Komentar