Penyebab Kampas Kopling Sering Hangus
Kalau karena penggunaan bisa bikin kampas kopling hangus sih sudah
banyak yang tahu. Tapi, ada penyebab kampas bisa hangus karena kurang
disadari. Fatalnya bukan karena pengguna yang salah teknik memainkan
kopling, tapi mekanik bengkel enggak tahu tuh aturan main pasang kampas
dan pelat kopling.
Paling jelas pemasangan kampas kopling. Dibolak-balik kampas kopling
sepintas mirip. Padahal, ada bagian yang sedikit lebih tebal dibanding
sisi yang lain. Patokannya angka di kaki kampas. Perlu diingatkan aturan
pasang kopling harus mengecek posisi angka di kaki kampas. Yang benar,
nomor di pegangan kampas sebagai patokan. Pasangnya harus ke arah luar
semua. Jangan sampai mengarah ke dalam.
Logikanya kenapa mesti dipasang ke arah luar dengan patokan angka di
kaki kampas. Material friction clutch paling tebal hanya satu sisi di
bagian yang ada angka di kaki kampas. Sedang gesekan dan beban paling
kuat ada di bagian yang ada angkanya. Seandainya dipasang terbalik,
gesekan kampas dengan pelat pasti kejadian selip. Selip awal dari gejala
kampas kopling bakal hangus.
Nah, ada lagi yang dilupakan mekanik waktu mengganti kampas kopling. Apa
pernah mengecek ketebalan pelat? Seandainya ketebalan kurang, pasti
muncul gejala selip. Sudah ada patokan standar ketebalan pelat minimal.
Seharusnya mekanik tahu. Ukuran pelat kopling secara umum 0,01 mikron.
Lebih dari itu berarti ketebalannya berkurang.
0 komentar:
Posting Komentar